Tampang

Jerman Akan Tangkap Netanyahu Jika Ada Surat Perintah Penangkapan ICC

26 Mei 2024 14:19 wib. 578
0 0
Jerman Akan Tangkap Netanyahu Jika Ada Surat Perintah Penangkapan ICC
Sumber foto: google

Jerman telah menegaskan komitmennya untuk menangkap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu terkait kejahatan perang apabila International Criminal Court (ICC) merilis surat perintah penangkapan. Pernyataan ini sebagai respons atas permohonan Duta Besar Israel untuk Berlin, Ron Prosor, yang ditolak oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz. Saat itu, Israel meminta Jerman untuk menolak legitimasi ICC. Ini terkait dengan pengajuan tuntutan oleh Jaksa Karim Khan ke ICC agar mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant terkait dengan kejahatan perang.

Permohonan tersebut diajukan ke praperadilan Ruang 1 Mahkamah Pidana Internasional terkait situasi Palestina. Khan menyatakan telah mengumpulkan sejumlah bukti untuk memperkuat permohonannya.

Juru bicara Scholz, Steffen Hebestreit, menegaskan bahwa pemerintah Jerman akan tetap melaksanakan perintah penangkapan jika sudah dirilis oleh ICC terhadap Netanyahu atas dugaan kejahatan perang. "Tentu saja (menangkap). Ya, kami mematuhi hukum," ujar Hebestreit, sebagaimana dikutip dari The Jerusalem Post.

Sebelum pengumuman Hebestreit, Prosor menulis di X bahwa ia sangat murka atas penolakan Olaf Scholz. "Ini keterlaluan! 'Staatsräson' Jerman kini sedang diuji. Hal ini berbeda dengan pernyataan lemah yang kami dengar dari beberapa institusi dan aktor politik. Pernyataan publik bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri akan kehilangan kredibilitasnya jika tangan kita terikat begitu kita membela diri," tulisnya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%