Tampang

Sup Ikan Asam Pedas: Hidangan Segar dari Nusantara

27 Jun 2024 14:26 wib. 52
0 0
Sup Ikan
Sumber foto: Google

Sup ikan asam pedas merupakan salah satu hidangan tradisional yang begitu populer di Indonesia. Hidangan ini sangat digemari karena rasa gurih, pedas, dan segarnya, serta kandungan gizi yang tinggi. Bukan hanya itu, sup ikan asam pedas juga memiliki banyak varian yang disesuaikan dengan budaya dan tradisi masing-masing daerah di Nusantara. Di sini kita akan membahas lebih lanjut tentang asal-usul dari hidangan ini, beberapa varian populer, serta resep sederhana untuk menikmati hidangan sup ikan asam pedas di rumah.

Asal-Usul Sup Ikan Asam Pedas

Sup ikan asam pedas merupakan hidangan tradisional yang telah lama ada di Indonesia. Asal muasalnya bisa ditelusuri dari perpaduan budaya Melayu dan Tionghoa yang telah tinggal berdampingan di Nusantara selama berabad-abad. Rasa pedas berasal dari rempah-rempah lokal seperti cabai dan lengkuas, sementara rasa asam berasal dari buah asam keping atau asam gelugur.

Di setiap daerah di Indonesia, sup ikan asam pedas memiliki citarasa yang sedikit berbeda-beda. Misalnya, di Sumatera, sup ikan asam pedas memiliki sentuhan rempah khas Melayu yang kuat dan cita rasa yang begitu khas, sedangkan di Jawa, sup ikan asam pedas seringkali diberi tambahan gula merah untuk memberikan sentuhan manis pada hidangan yang pedas dan asam ini. Begitu pula di daerah lainnya, seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, di setiap tempat memiliki resep dan varian masing-masing yang membuat sup ikan asam pedas begitu menarik untuk dieksplorasi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Toward Indonesia Emas 2045
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mei 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%