Tampang

Rusia Mau Transfer Teknologi Nuklir ke ASEAN, Indonesia Siap Jajaki

21 Jun 2024 10:55 wib. 34
0 0
Rusia Mau Transfer Teknologi Nuklir ke ASEAN, Indonesia Siap Jajaki
Sumber foto: google

Pemerintah menjajaki kerja sama pengembangan energi nuklir dengan Rusia. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Potensi kerja sama itu dijajaki langsung dengan perusahaan negara Rusia yang bergerak di bidang nuklir, JSC Rosatom. Rencananya, nuklir bakal dimanfaatkan untuk energi ketenagalistrikan dan untuk keperluan non energi, seperti kesehatan dan pertanian.

Transfer teknologi nuklir dari Rusia ke ASEAN merupakan langkah strategis dalam memperkuat hubungan antara Rusia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Kehadiran teknologi nuklir di ASEAN dapat menjadi faktor penggerak bagi pembangunan infrastruktur energi yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

Rusia, sebagai salah satu negara adidaya dalam bidang teknologi nuklir, memiliki pengalaman dan keahlian yang layak untuk diperhatikan. Langkahnya untuk berbagi teknologi ini dapat menjadi kesempatan positif bagi negara-negara kecil di kawasan ASEAN untuk memperkuat infrastruktur energi mereka.

Indonesia, sebagai anggota ASEAN dan salah satu pemain penting dalam geopolitik regional, telah menunjukkan kesiapan untuk menjajaki transfer teknologi nuklir dari Rusia. Hal ini tampak dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Rusia yang membahas kerja sama dalam bidang energi, termasuk penggunaan teknologi nuklir untuk keperluan energi bersih di Indonesia. Indonesia menyadari pentingnya diversifikasi sumber energi, dan teknologi nuklir menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pengobatan Alternatif Wasir
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%