Tampang

Menjelajah Warisan Kuliner Nusantara, Dari Sabang hingga Merauke

12 Jul 2024 09:04 wib. 147
0 0
Menjelajah Warisan Kuliner
Sumber foto: google

Jawa Tengah: Gudeg
Di Jawa Tengah, khususnya di Yogyakarta, kita dapat menikmati gudeg. Gudeg adalah masakan manis yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula aren, dan rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam opor, telur pindang, dan sambal krecek. Hidangan ini merupakan ikon kuliner Yogyakarta dan mencerminkan kelezatan makanan khas Jawa yang manis dan gurih.

Bali: Babi Guling
Melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata, Bali, kita akan menemui babi guling, hidangan yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Babi guling adalah babi utuh yang dipanggang hingga kulitnya renyah, diisi dengan bumbu-bumbu tradisional seperti kunyit, serai, dan daun jeruk. Hidangan ini biasanya disajikan pada acara-acara adat dan upacara keagamaan. Babi guling mencerminkan kekayaan budaya Bali yang penuh dengan warna dan rasa.

Sulawesi Selatan: Coto Makassar
Dari Bali, kita beralih ke Sulawesi Selatan untuk mencicipi Coto Makassar. Coto Makassar adalah sup daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas seperti ketumbar, jintan, dan kemiri. Hidangan ini biasanya disajikan dengan burasa atau ketupat, serta sambal tauco yang pedas. Coto Makassar mencerminkan kekayaan kuliner Bugis-Makassar yang kaya akan rempah-rempah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

pokiran positif
0 Suka, 0 Komentar, 10 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.