Tampang

Menikmati Pesona Keajaiban Alam di Kawah Ijen

16 Jun 2024 16:45 wib. 38
0 0
Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen atau Gunung Ijen merupakan destinasi wisata yang telah dikenal oleh banyak wisatawan, baik lokal maupun internasional. Terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kawah Ijen menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik utama dari kawah Ijen adalah fenomena Blue Fire yang hanya ada di dua tempat di dunia, salah satunya terdapat di Indonesia.

Blue Fire di kawah Ijen merupakan sebuah keajaiban alam yang menakjubkan, yang hanya ditemukan di dua negara di dunia, yaitu Indonesia dan Iceland. Untuk dapat menikmati keindahan Blue Fire yang memukau, pengunjung harus melakukan pendakian menuju puncak kawah Ijen, yang biasanya dibuka mulai pukul 3 pagi. Perjalanan pendakian memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan pemandangan alam yang memukau, serta di sepanjang jalan pendakian terdapat para penduduk setempat yang menjual ukiran-ukiran belerang.

Ada berbagai cara untuk mencapai kawah Ijen, termasuk dengan menggunakan jasa perjalanan wisata yang menyediakan berbagai fasilitas pendukung, dengan harga berkisar antara 200 hingga 500 ribu rupiah per trip. Namun, para wisatawan yang menderita gangguan pernapasan perlu berhati-hati, karena selama perjalanan menuju puncak, bau belerang yang menyengat dapat menjadi masalah. Penggunaan masker untuk melindungi saluran pernapasan sangat disarankan.

Meski perjalanan pendakian menuju kawah Ijen terbilang landai, namun ada beberapa bagian yang cukup menanjak. Bagi yang tidak sanggup untuk mendaki hingga ke puncak, tersedia layanan ojek yang akan membantu pengunjung mencapai puncak dengan menggunakan tandu yang diangkat oleh dua orang pemandu dengan harga yang bervariasi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%