Tampang

Termasuk Surat Tilang Palsu, Ini 7 Modus Baru Penipuan Whatsapp

6 Jul 2024 18:23 wib. 174
0 0
Termasuk Surat Tilang Palsu, Ini 7 Modus Baru Penipuan Whatsapp
Sumber foto: iStock

WhatsApp merupakan aplikasi percakapan yang sangat populer di kalangan pengguna ponsel di seluruh dunia. Namun, popularitasnya juga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan kejahatan, termasuk penipuan yang dapat menguras rekening korban.

Salah satu modus penipuan yang cukup umum dilakukan melalui aplikasi WhatsApp adalah dengan mengirimkan file APK yang berisi virus atau malware kepada korban. Pesan yang dikirimkan berisi ajakan untuk mengunduh file tersebut, yang kemudian digunakan untuk mengambil alih atau membajak HP atau akun finansial korban.

1. Modus Kurir

Salah satu modus penipuan yang cukup umum dilakukan melalui WhatsApp adalah dengan modus 'kurir'. Para pelaku mengaku sebagai kurir yang ingin mengirimkan barang ke rumah korban dan kemudian mengirimkan lampiran dengan nama file berbentuk APK dengan judul 'LIHAT Foto Paket'. File APK tersebut sebenarnya mengandung virus atau malware yang dapat menguras rekening korban.

2. File Undangan Nikah

Penipuan juga dilakukan melalui modus undangan pernikahan. Para pengguna WhatsApp menerima file APK dari orang yang tidak dikenal dengan judul undangan pernikahan, yang sebenarnya berisi virus atau malware yang berpotensi merugikan korban.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?