Tampang

Sedang Menyusui Tetapi Bisa Kebobolan Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya

23 Apr 2024 23:11 wib. 46
0 0
Hamil
Sumber foto: Google

Menyusui merupakan momen istimewa bagi seorang ibu dan anaknya. Proses ini tidak hanya memberikan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan bayi, tetapi juga mempererat hubungan antara ibu dan anak. Namun, meskipun sedang dalam masa menyusui, beberapa ibu masih bisa mengalami kehamilan, atau biasa disebut kebobolan hamil. 

Kebobolan hamil saat menyusui bisa menjadi hal yang mengejutkan bagi sebagian ibu. Diketahui bahwa kehamilan dapat terjadi walaupun masih dalam masa menyusui. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Mari kita simak lebih lanjut.

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa menyusui tidak sepenuhnya dapat menghindari kehamilan. Meskipun menyusui dapat menekan ovulasi dan mengurangi kemungkinan kehamilan, tapi hal tersebut tidak menjamin bahwa seorang ibu tidak akan hamil. Proses ovulasi yang terhenti sementara akibat hormon prolaktin yang dihasilkan saat menyusui dapat kembali normal, terutama jika bayi sudah mulai menyusui dengan jarang atau sudah mulai makan makanan padat.

Selain itu, sebagian ibu juga memiliki kecenderungan untuk mengalami masa subur yang lebih awal setelah melahirkan. Hal ini bisa membuat ibu yang sedang menyusui lebih rentan untuk mengalami kehamilan tanpa disadari. Dalam beberapa kasus, bahkan sebelum menstruasi kembali normal, ibu mungkin sudah dapat mengalami masa ovulasi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mata Uang Baru Zimbabwe
0 Suka, 0 Komentar, 8 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?