Tampang

Penyakit Anthrax Kembali Muncul di Gunung Kidul, Ini Saran Dari Ahli UGM

16 Mar 2024 05:39 wib. 129
0 0
Penyakit Anthrax Kembali Muncul di Gunung Kidul, Ini Saran Dari Ahli UGM
Sumber foto: Google

Selain itu, perlunya tindakan deteksi dini dan penanganan yang tepat terhadap kasus-kasus antraks. "Pelayanan kesehatan primer di wilayah tersebut perlu dilengkapi dengan alat dan pengetahuan untuk mendeteksi kasus antraks. Sementara itu, penggunaan antibiotik yang tepat dan isolasi kasus antraks akan menjadi kunci dalam menangani kasus individu yang terjangkit," paparnya.

Tidak hanya dari segi penanganan medis, upaya dalam memantau dan mengontrol populasi hewan ternak juga sangat penting. vaksinasi hewan ternak menjadi langkah penting dalam mencegah penyebaran antraks. "Pemerintah daerah perlu meningkatkan program vaksinasi hewan ternak secara berkala dan menyeluruh. Selain itu, pengawasan terhadap pemindahan hewan ternak dan pemakaman hewan yang terinfeksi juga perlu ditingkatkan," tegasnya.

Dalam konteks ini, partisipasi aktif dari masyarakat, peternak, pemerintah daerah, dan institusi terkait menjadi kunci dalam menangani kembali munculnya penyakit anthrax di Gunung Kidul. Melalui sinergi dan kerjasama yang baik, diharapkan penyebaran penyakit ini dapat ditekan dan masyarakat dapat terhindar dari ancaman antraks.

Dengan demikian, langkah-langkah pencegahan yang komprehensif baik dari segi pelayanan kesehatan, pengawasan hewan ternak, vaksinasi, serta edukasi kepada masyarakat merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi kembali munculnya antraks di Gunung Kidul. Nanung Danar Don mengatakan sebagai pencegahan penyakit anthrax menyebar dengan tidak memotong hewan yang sakit atau mengkonsumsi hewan yang sudah menjadi bangkai.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?