Tampang

9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

23 Mar 2018 02:33 wib. 4.326
0 0
9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Ikan salmon cukup populer dan banyak disukai orang-orang karena tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya enak, disamping itu juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Ikan salmon sering dianggap sebagai super food, karena kandungannya yang sangat banyak dan bergizi, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan di dalam ikan salmon yaitu omega 3, vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, protein kualitas tinggi, asam amino, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan fosfor


1. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan asam lemak omega-3 dan asam amino pada ikan salmon, sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya pandang, serta dapat mengatasi masalah mata kering (kronis) dan masalah keletihan mata.

Mengonsumsi salmon 2 kali dalam seminggu telah terbukti mampu menurunkan risiko degenerasi makula (penyakit mata kronis) yang bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.

Untuk mencegah bahkan mengobati penyakit yang disebut sindrom mata kering ini, maka yang disarankan adalah mengkonsumsi 2-4 porsi dalam seminggu.

Minyak ikan salmon juga sangat baik untuk meningkatkan penglihatan, selain untuk menghindari degenerasi makula (karena faktor usia).

Kandungan lemak Omega-3 dinilai efektif dalam memerangi masalah degenerasi makula dan mata kering kronis.

2. Melindungi Kulit
Asam lemak Omega-3 selain berguna untuk menjaga kesehatan mata, juga dapat membantu untuk melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga dapat juga membuat kulit menjadi lebih awet.

Sebuah penelitian dari The University of Manchester, memberikan hasil penelitian tentang menkonsumsi salmon bahwa orang yang rajin mengkonsumsi omega 3 ternyata memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat dari paparan sinar matahari terhadap kulit. Sehingga mengkonsumsi ikan salmon sangat efektif dalam mencegah tubuh terkena kanker kulit.


3. Memaksimalkan fungsi otak
Dengan kandungan gizi ikan salmon yang melimpah, sehingga dapat mendukung perkembangan otak, terutama pada anak-anak.

Ikan salmon juga mengandung vitamin A dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang aktifitas otak.

Kandungan asam lemak omega-3 juga dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, stroke, kolesterol tinggi dan beberapa lainnya.

Ikan salmon dikaitkan dengan manfaat penurunan depresi, serta beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara IQ dengan makanan asam lemak yang kaya akan kandungan omega-3 .


4. Meningkatkan konsentrasi
Ikan salmon dengan kandungan Omega-3 di dalamnya, yang bermanfaat menjaga kondisi mood, semangat dan meminimalisir terjadinya depresi...

Alhasil dengan kondisi psikologi yang baik, maka membuat kemampuan fokus atau konsentrasi menjadi lebih baik.

Sebuah penelitian di Australia, mendapatkan hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan kaya folat memiliki memori yang lebih kuat, bahkan kemampuan penyampaian informasi ke otak juga lebih cepat. Buah-buahan yang kaya folat seperti melon, pisang, jeruk, strawberry dan lemon.

Adapun pada kacang polong, kacang almond, mete, kenari mengandung asam lemak dan folat yang berguna juga untuk meningkatkan mood.

5. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan yang terdapat pada ikan Salmon membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh, dan mempertahankan kelenturan pembuluh darah.

Sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung, mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi), dan menguatkan otot jantung.
 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Apa yang Membuatmu Antusias?
0 Suka, 0 Komentar, 6 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?