Tampang

Peneliti Sebut Bukan Karbohidrat yang Bikin Tubuh Gemuk, Tapi....

16 Mei 2024 05:26 wib. 148
0 0
Peneliti Sebut Bukan Karbohidrat yang Bikin Tubuh Gemuk, Tapi....

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nutrition & Metabolism menemukan bahwa respon gula darah dapat berbeda-beda antar individu saat mengonsumsi karbohidrat. Hal ini mengindikasikan bahwa pengelolaan asupan karbohidrat perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik biologis seseorang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pilihan sumber karbohidrat juga turut berpengaruh pada kesehatan tubuh dan berat badan. Karbohidrat olahan dan sederhana seperti gula, tepung putih, dan makanan olahan lainnya, cenderung memiliki indeks glikemik yang tinggi. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah sekaligus meningkatkan risiko penambahan berat badan.

Sebaliknya, karbohidrat kompleks yang biasanya terdapat dalam makanan alami seperti biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan, memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil serta mengurangi risiko penambahan berat badan.

Selain memilih sumber karbohidrat yang sehat, perhatian juga perlu diberikan pada jumlah asupan yang tepat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Reviews menemukan bahwa strategi porsi yang sesuai dan terkontrol dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%