Tampang

Kisah si Jahil Nuaiman, Satu-satunya Sahabat yang Berani Kerjai Nabi SAW

5 Jun 2024 05:15 wib. 57
0 0
Kisah si Jahil Nuaiman, Satu-satunya Sahabat yang Berani Kerjai Nabi SAW
Sumber foto: Google

Nuaiman bin Amr (dikenal juga sebagai Nuaiman al-Ansari) adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang dikenal karena keceriaan dan kejahilannya. Meski memiliki sifat nakal, Nuaiman merupakan seorang sahabat yang baik dan setia, sehingga ia sangat digemari oleh Rasulullah SAW. Kisah perjalanan hidup Nuaiman bin Amr menjadi bukti nyata bahwa kebaikan hati dan keberanian seseorang tidak selalu terpancar dari kesantunan atau kepintaran.

Nuaiman terkenal dengan sifat nakalnya sejak kecil. Ia sering sekali menipu dan membuat ulah di lingkungannya. Namun, kemudian Nuaiman berubah menjadi seorang muslim yang taat, setelah diakui sebagai sahabat Nabi Muhammad SAW. Kehadiran Nuaiman bin Amr dalam kehidupan Nabi SAW memberikan pelajaran berharga bagi umat muslim, bahwa keberanian datang dari hati yang tulus dan bukan dari penampilan luar.

Salah satu kisah menarik Nuaiman bin Amr adalah ketika ia berani mengejek dan bermain-main dengan Nabi Muhammad SAW. Padahal, Nabi SAW adalah seorang sosok yang sangat mulia dan dihormati. Namun, Nuaiman tidak gentar untuk bercanda dengan Nabi SAW. Hal ini menunjukkan bahwa keberanian Nuaiman dilandasi oleh rasa keterikatan yang kuat terhadap Nabi SAW.

Dalam satu peristiwa, Nuaiman pernah memanfaatkan kesempatan ketika Nabi SAW sedang tidur, dengan memainkan lelucon kecil dengannya. Nuaiman menuangkan air hujan ke dahi Nabi SAW. Ketika Nabi SAW bangun dan melihat kejahilan Nuaiman, beliau justru tersenyum dan tidak marah sama sekali. Rasulullah SAW pun menjalin hubungan yang hangat dengan Nuaiman, sehingga membuatnya sayang dan tawadhu'. Sikap santun Nabi SAW mengajarkan bahwa kebaikan hati dapat menahan amarah, sekalipun diperlakukan dengan cara yang tidak elok.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rambut Sehat karena Hair Spa
0 Suka, 0 Komentar, 21 Jul 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%