Tampang

Mengatasi Payudara Bengkak karena ASI Tersumbat: 9 Langkah Efektif untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

14 Apr 2024 07:55 wib. 275
0 0
Ibu Menyusui Anak
Sumber foto: Google

Payudara bengkak karena ASI tersumbat adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu yang sedang menyusui. Kondisi ini dapat sangat mengganggu, menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit pada payudara, dan mempengaruhi kualitas pemberian ASI kepada bayi. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi payudara bengkak akibat tersumbatnya ASI. Berikut ini adalah 9 cara efektif untuk mengatasi payudara bengkak karena ASI tersumbat:

1. Pijat Lembut
   Pijat lembut pada payudara yang bengkak dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membantu membebaskan saluran ASI yang tersumbat. Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar dari bagian bawah payudara menuju bagian atas untuk membantu ASI mengalir lebih lancar.

2. Kompress Hangat
   Mengompres payudara dengan handuk hangat atau handuk yang dibasahi air hangat bisa membantu melembutkan jaringan payudara sehingga ASI dapat mengalir dengan lebih lancar. Kompress hangat juga dapat membantu meredakan rasa sakit dan pembengkakan.

3. Menyusui Lebih Sering
   Menyusui bayi lebih sering dapat membantu mengurangi tersumbatnya saluran ASI. Semakin sering payudara dikosongkan, semakin sedikit kemungkinan tersumbatnya saluran ASI.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Solusi Bujuk Anak Agar Mau Keramas
0 Suka, 0 Komentar, 30 Jul 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?