Tampang

Khasiat Baru Obat Kurus Ajaib, Cegah Pecandu Narkoba Tewas Overdosis

6 Okt 2024 22:02 wib. 68
0 0
Khasiat Baru Obat Kurus Ajaib, Cegah Pecandu Narkoba Tewas Overdosis
Sumber foto: iStock

Obat kurus ajaib seperti Ozempic, Wegovy, dan Rybelsus semakin populer, dan yang terbaru, penggunaan obat ini berhubungan dengan penurunan risiko kematian akibat overdosis obat bius. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association Network Open yang dilakukan oleh tim peneliti dari Case Western Reserve University School of Medicine menemukan hubungan terbalik antara tingkat kematian akibat overdosis dengan konsumsi semaglutide.

Dalam riset tersebut, tim peneliti menganalisis data dari 33.000 pasien antara tahun 2017 dan 2023 yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 dan melaporkan kelainan kecanduan opioid (OUD), yang merupakan obat yang memiliki efek serupa dengan opium atau disebut juga obat bius.

Dari jumlah tersebut, sekitar 3.000 orang diketahui mengonsumsi obat yang mengandung semaglutide, sementara pasien lainnya menggunakan obat diabetes lain seperti metformin, insulin, dan obat penurun berat badan lain dalam kategori GLP-1. Hasilnya, tingkat kematian akibat overdosis pada pasien yang menggunakan obat yang mengandung semaglutide secara signifikan lebih rendah, sekitar 58 persen.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.