Tampang

Apakah Trigliserida dan Kolesterol Sama? Berikut Penjelasannya...

25 Apr 2024 05:31 wib. 37
0 0
Ilustrasi trigliserida rendah

Trigliserida dan kolesterol adalah dua jenis lemak yang dapat ditemukan dalam tubuh manusia. Kebanyakan orang seringkali bingung dalam membedakan antara kolesterol dan trigliserida, bahkan ada yang menganggap keduanya sama. Namun, sebenarnya kolesterol dan trigliserida memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Dilansir dari laman Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, meskipun keduanya dapat menyebabkan masalah jantung apabila kadar dalam darah terlalu tinggi, trigliserida dan kolesterol sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda. Untuk lebih memahami perbedaan antara kedua lemak tersebut, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan.

Pertama, secara struktural, trigliserida dan kolesterol diketahui dibentuk oleh zat yang berbeda. Trigliserida merupakan ester kimia yang terbentuk dari gliserol dan tiga asam lemak. Sementara itu, kolesterol memiliki struktur yang berbeda dan dapat disintesis oleh hati atau berasal dari diet.

Selanjutnya, kedua lemak ini juga memiliki fungsi yang berbeda dalam tubuh. Trigliserida berfungsi sebagai energi cadangan yang akan digunakan oleh tubuh saat sumber energi utama, yaitu glukosa dalam darah, telah habis atau terpakai. Trigliserida disimpan di dalam sel-sel lemak yang disebut sel adiposa. Di sisi lain, kolesterol berperan dalam menunjang produksi hormon steroid dan kortisol dalam tubuh, serta merupakan struktur penting pada membran sel.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

pokiran positif
0 Suka, 0 Komentar, 10 Sep 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?