Tampang

Apa Itu Anemia? Penyebab dan Gejalanya

26 Jul 2024 12:09 wib. 138
0 0
ilustrasi anemia
Sumber foto: Pinterest

Anemia merupakan kondisi medis yang disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah (eritrosit) atau kandungan hemoglobin yang rendah dalam darah. Kondisi ini kemudian mengakibatkan masalah dalam memasok oksigen ke seluruh tubuh. Anemia dapat terjadi baik secara tiba-tiba maupun secara bertahap dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab Anemia
Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab anemia. Salah satunya adalah kekurangan zat besi, yang merupakan penyebab paling umum dari anemia. Kekurangan zat besi dapat disebabkan oleh diet yang tidak seimbang, menstruasi yang berat pada wanita, atau masalah penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu, anemia juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, yang dapat muncul akibat pola makan yang tidak sehat atau gangguan penyerapan vitamin B12 dalam tubuh.

Penyakit kronis seperti penyakit ginjal, diabetes, atau kanker juga dapat menjadi pemicu terjadinya anemia. Selain itu, gangguan genetik seperti thalassemia, talasemia, atau sel sabit juga dapat mengakibatkan anemia. Terakhir, infeksi, perdarahan, atau penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis juga dapat menjadi penyebab terjadinya anemia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.