Tampang

9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

23 Mar 2018 02:33 wib. 4.341
0 0
9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of the American Assosication, menjelaskan bahwa adanya keterkaitan antara mengkonsumsi ikan kaya akan kandungan lemak omega 3 dengan mengatasi penyakit jantung koroner.

Selain itu, ada beberapa riset penelitian lainnya yang menyebutkan beberapa manfaat dari mengkonsumsi lemak ikan (termasuk salmon) bagi kesehatan tubuh


6. Menurunkan resiko diabetes
Kandungan Asam lemak omega-3, vitamin D dan juga selenium pada ikan salmon membantu meningkatkan kerja insulin, untuk mengontrol kadar glukosa darah di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan American Journal of Nutrition, bahwa Asam lemak Omega-3 ternyata membantu menurunkan risiko penyakit diabetes.

Berdasarkan data dari WHO, penderita penyakit diabetes di seluruh dunia mencapai 220 juta penderita dan yang meninggal mencapai 3,4 juta penderita pada setiap tahunnya.

WHO memperkirakan jumlah penderita meninggal akan bertambah dua kali lipat (bahkan lebih) pada 2030. Hal yang cukup memprihatinkan.


7. Mengendalikan Berat Badan
Ikan salmon bisa dijadikan makan diet, karena kandungan lemak pada ikan salmon menimbulkan rasa cepat kenyang. Pada sebuah penelitian, menyatakan bahwa orang yang makan salmon beberapa kali dalam seminggu dapat menurunkan berat badan hingga 3 pon.

Selain sebagai sumber protein tinggi, ikan salmon ternyata memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga kandungan yang terdapat di dalam ikan salmon tidak memberikan resiko gemuk.

Kandungan ikan salmon juga membantu untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat meminimalisir terjadinya tumpukan lemak berlebih di dalam tubuh.

8. Membentuk otot
Kandungan protein tinggi pada ikan salmon tidak bisa dicerna secara mudah seperti karbohidrat. Akan tetapi, manfaat dari kandungan protein tersebut, ternyata dapat membentuk otot yang membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh secara lebih maksimal.


Dengan kandungan protein yang tinggi pada ikan salmon, yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam membangun dan memperbaiki jaringan otot yang rusak. Selain itu, ikan salmon tidak mengandung senyawa karsinogenik,  sehingga mencegah terjadinya penyumbatan di dalam arteri.

9. Pencegahan Kanker

Vitamin D telah terbukti memiliki manfaat dan peran sangat penting dalam menurunkan risiko kanker, seperti jenis kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal.

Ikan Salmon memiliki kandungan vitamin D tinggi dan selenium, yang kedua kandungan tersebut sangat diperlukan untuk melawan beberapa jenis kanker tersebut.

Dengan memperoleh asupan omega-3 yang sesuai kebutuhan tubuh, sudah terbukti mampu melawan sel darah atau kelenjar getah sel yang berhubungan dengan timbulnya masalah kanker, seperti leukemia, multiple myeloma, dan non-Hodgkins limfoma.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rujak Mie Camilan Enak Dari Palembang
0 Suka, 0 Komentar, 18 Jul 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?