Tampang

Waduh! Ternyata Pagi Hari Bukan Waktu Terbaik Minum Kopi, Ini Sebabnya

21 Jul 2024 20:27 wib. 89
0 0
Waduh! Ternyata Pagi Hari Bukan Waktu Terbaik Minum Kopi, Ini Sebabnya
Sumber foto: iStock

Kebanyakan orang merasa sulit untuk memulai hari tanpa secangkir kopi sebagai sumber semangat dan energi. Bahkan, minum kopi sebelum menjalani aktivitas sehari-hari telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, bahkan mereka yang merasa kecanduan. Namun, tahukah Anda bahwa minum kopi pada waktu yang tidak tepat bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh? Mari kita telusuri lebih dalam mengenai dampak minum kopi pada waktu yang tidak tepat dan waktu yang sebaiknya untuk mengonsumsi kopi.

Ketika seseorang meminum kopi, efek semangat dan energi yang dirasakan tidak terlepas dari kandungan kafein yang terdapat dalam kopi. Kafein memiliki kemampuan merangsang sistem saraf dan pelepasan dopamin dalam tubuh. Selain itu, kafein juga berinteraksi dengan hormon kortisol ketika diserap tubuh. Hormon kortisol memainkan peran penting sebagai pengatur respon stres dalam tubuh.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa waktu terbaik untuk meminum kopi sejalan dengan ritme hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol memiliki titik tertinggi sekitar 3 kali sehari, yaitu setelah bangun tidur (pukul 8-9 pagi), siang hari (pukul 12-13 siang), dan malam hari (pukul 18-19 malam). Dengan pengetahuan ini, ahli saraf (neuroscientist) Steven Miller dari University of the Health Sciences di Maryland menyatakan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi bukanlah sesaat setelah bangun tidur, melainkan setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya atau saat mengalami penurunan, yaitu sekitar pukul 10.30-11.30 pagi, pukul 13 siang, dan pukul 19 malam.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Yuk, Atur Rasa Hidup Kamu
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jan 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?