Tampang

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Selama Pandemi Dengan Langkah Sederhana Ini

11 Jun 2021 15:48 wib. 1.001
0 0
Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Selama Pandemi Dengan Langkah Sederhana Ini

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga memaksa kita untuk melakukan perubahan dalam berbagai hal. Dan salahsatunya adalah kebiasaan gaya hidup yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan menerapkan beberapa langkah yang sederhana, maka setidaknya sistem pertahanan tubuh dapat menjadi lebih kuat untuk menangkal serangan virus. Di anatra beberapa cara tersebut agar dapat membantu dalam menjaga imunitas tubuh agar tetap optimal di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Hentikan kebiasaan merokok

Virus Corona diketahui adalah penyakit pernapasan baru yang bisa merusak lapisan kantung udara di dalam paru-paru. Di mana pada kasus terparah, virus tersebut mempengaruhi sistem pernapasan hingga pasien akan dipasang ventilator untuk membantu bernafas. Bagi mereka yang memiliki penyakit paru akan lebih rentan bila terkena virus corona ini. Terlebih bila anda adalah peroko aktif dan belum menemukan alasan untuk menghentikan kebiasaan merokok, maka sebaiknya mulai mempoertimbangkannya. Baik perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama berisiko untuk tertular Covid-19 karena sistem imun yang lebih lemah dari orang yang bebas dari asap rokok. Rokok disinyalir dapat mengganggu proses migrasi sel imunitas bila terjadi infeksi di dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan fungsi sel imunitas menjadi menurun ketika membentengi tubuh dari virus.

  • Cukup beristirahat

Pada saat tubuh tidur maka akan terjadi revitalisasi bagi seluruh sistem tubuh. Dan dengan tidur yang berkualitas akan memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh. Pada beberapa penelitian ditemukan bila orang yang memiliki kondisi apnea sleep sangat rentan terjhadap masalah memori, gangguan mood, penyakit jantng serta memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit kanker. Sangat dianjurkan untuk tidur selama 6-8 jam setiap malamnya agar dapat meningkatkan imunitas tubuh.

  • Kurangi stress

Kortisol atau hormon stres merupakan hal yang dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh dan stres juga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Pada saat anda merasa cemas dan tidak dapat berhenti untuk memikirkan sesuatu, maka ithal itu bisa mengganggu waktu tidur. Dan pada saat seseorang merasa stres, cenderung akan mengkonsumsi maknan yang tidak sehat. Sangat pentig untuk menjaga kesehatan mental serta mengendalikan emosi negatif agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

  • Rutin melakukan olahraga
<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?