Tampang

Alasan Mengapa Kamu Bekerja Di Situ...

17 Feb 2018 21:41 wib. 1.107
0 0
Alasan Mengapa Kamu Bekerja Di Situ...

Dalam satu kantor ada banyak individu. Individu dengan beragam kepribadian. Individu dengan beragam kebisaan dan kebutuhan. Ada banyak alasan mengapa individu ini dipertemukan dalam kantor yang sama. Rata-rata memang  karena motif untuk memperoleh pendapatan alias untuk mencari sumber pemenuhan kebutuhan hidup. Namun, di suatu siang aku terlibat perbincangan yang cukup menarik dengan salah seorang teman. Dari perbincangan ini aku jadi berpikir. Ternyata, orang-orang bekerja di suatu tempat (di mana pun itu) memiliki motif. Ada motif yang disadari dan tidak disadari. Motif disadari kebanyakan adalah untuk mencari pemenuhan kebutuhan hidup. Nah, yang menarik adalah motif tidak disadari. Temanku bercerita, bahwa ia mengikuti jalur rekruitment yang berbeda ketika masuk kerja. Intinya, Pak Bos melihat ada sesuatu yang menarik pada temanku itu. Hal tersebut bukan dalam artian yang positif (saja). Namun bos ku itu, memiliki motif untuk membuat temanku kembali pada track-nya. Dan proses kembali pada track-nya ini lah yang bisa dilakukan lewat proses bekerja di kantorku yang sekarang.  

Nah, yang ingin kuceritakan bukan karena ada jalur rekruitment khusus yang dilalui oleh temanku. Tapi, betapa Tuhan sudah mengatur kita bekerja di mana, bersama siapa, apa jenis pekerjaan kita, dan berbagai detil perencanaan lainnya. Berbagai alasan itu berdasar pada kebutuhan kita. Sebagai pekerja (atau apapun posisi kita), sadarilah bahwa dari posisi kita tersebut kita memiliki motif bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan hidup, namun untuk memastikan kita berada di track yang tepat. Track yang menuju sebuah kebaikan kehidupan di dunia dan untuk kehidupan kita selanjutnya.

Poin selanjutnya adalah, lantas apa yang bisa kita lakukan selanjutnya setelah kita mengetahui berbagai pengaturan-Nya? Yang bisa kita lakukan adalah melakukan peran yang kita miliki sebaik-baiknya. Baca setiap segmen peran kita dengan teliti, pastikan kita bisa mengambil ‘sesuatu’ yang bisa membuat kita tetap pada track kita. Juga janganlah berkecil hati, jika misal kita melihat ada teman kita yang berpenghasilan tinggi. Ingat, penghasilan bukanlah satu-satunya motif kita dalam bekerja. Tapi ada hal lain yang juga penting yang harus kita dapatkan dari pekerjaan kita, yaitu tetapnya kita pada track yang benar, semakin mendekatnya kita kepada kebaikan kehidupan dunia kini dan selanjutnya.  

Jika dalam perjalanan bekerja kita, kita menemui halang-rintang. Halang-rintang bisa berbagai bentuknya. Kesibukan yang tak henti; berinteraksi dengan atasan, patner, atau klien yang mungkin tak selalu menyenangkan; dilema ketika dihadapkan dengan pilihan keputusan, dan sebagainya. Apapun bentuknya itu, yakinkan diri bahwa itu dapat semakin mendekatkan kita pada track yang benar dan juga indah jika kita menghadapinya dengan bijaksana. Konflik, gesekan-gesekan, semua terjadi bukan dengan tanpa alasan. Jika kamu tak tahu alasan dari pihak luar mengapa itu bisa terjadi, salah satu jawabannya adalah ini dapat membantumu berada di track yang tepat atau justru semakin mendekatkanmu pada kebaikan. Dan selalu ada juga alasan mengapa kita bertemu dengan orang-orang di kantor kita. Pekakan diri agar kita bisa mengambil kebaikan dalam interaksi kita, dengan siapapun itu.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Navi Juara PGL Major Copenhagen 2024
0 Suka, 0 Komentar, 7 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?