Tampang

Ternyata Waktu Makan Berpengaruh pada Kesehatan, Begini Kata Ahli

4 Jun 2024 15:01 wib. 42
0 0
Makanan Sehat
Sumber foto: google

Energi pada tubuh memiliki hubungan yang erat dengan suasana hati seseorang. Ketika seseorang merasa lebih berenergi, suasana hati akan cenderung lebih baik. Mengatur pola makan menjadi salah satu kunci utama untuk meningkatkan energi tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di King's College London menunjukkan bahwa pola makan yang teratur dan terukur dalam rentang waktu tertentu dapat memberikan hasil kesehatan yang positif bagi seseorang. Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan aplikasi bernama Zoe untuk mendapatkan data mengenai partisipan serta mencatat informasi kesehatan mereka setiap harinya. Tidak kurang dari 37.000 orang yang menggunakan aplikasi tersebut menjadi peserta dan turut serta dalam penelitian ini.

Partisipan penelitian diwajibkan untuk membandingkan kebiasaan makannya selama seminggu dengan pola makan selama 10 jam dalam dua minggu berikutnya. Dalam periode ini, para partisipan diminta untuk mencatat berbagai informasi, mulai dari suasana hati, tingkat energi, hingga tingkat kelaparan mereka. Hasilnya mengejutkan, bahwa mereka yang menjalani puasa selama 14 jam sehari cenderung memiliki energi dan suasana hati yang lebih baik serta merasa lebih jarang lapar.

Tidak hanya itu, temuan juga menunjukkan bahwa partisipan yang konsisten dengan pola makan dalam rentang waktu tertentu mendapatkan manfaat yang lebih besar daripada mereka yang memvariasikan waktu makan setiap harinya. Bahkan, hampir semua partisipan memilih untuk melanjutkan intervensi ini selama beberapa minggu setelah penelitian selesai.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%