Tampang

Muncul Fenomena Makin Banyak Orang RI Kumpul Kebo, Ada Apa?

5 Okt 2024 21:40 wib. 31
0 0
Muncul Fenomena Makin Banyak Orang RI Kumpul Kebo, Ada Apa?
Sumber foto: iStock

Tren kohabitasi atau "kumpul kebo" alias pasangan hidup bersama tanpa ikatan pernikahan yang sah semakin marak di Indonesia. Fenomena ini umumnya terjadi di kalangan anak muda dan sering kali menimbulkan kontroversi karena dianggap melanggar norma agama dan hukum di Tanah Air.

Menurut laporan dari The Conversation, pergeseran pandangan terkait relasi dan pernikahan menjadi salah satu faktor utama yang mendorong anak muda untuk memilih tinggal bersama pasangan tanpa ikatan pernikahan. Pandangan bahwa pernikahan adalah sesuatu yang rumit dan terikat pada aturan yang tidak sesuai dengan keinginan mereka membuat kohabitasi dianggap sebagai bentuk hubungan yang lebih murni dan nyata dari cinta.

Di negara-negara Eropa Barat dan Utara, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru, kohabitasi mendapatkan pengakuan hukum. Namun di Indonesia, yang kental dengan nilai-nilai budaya, tradisi, dan agama, kohabitasi tidak mendapat pengakuan legal, kecuali dalam kasus-kasus tertentu yang berujung pada pernikahan. Menariknya, hasil studi yang dilakukan pada 2021 dengan judul "The Untold Story of Cohabitation" mengungkap bahwa kohabitasi cenderung lebih banyak terjadi di Indonesia bagian Timur yang mayoritas penduduknya non-Muslim.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sejarah Diagram Geometri Kuno
0 Suka, 0 Komentar, 23 Agu 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.