Tampang

Edukasi Penting dalam Penanganan Penyakit Diabetes

29 Jun 2024 13:40 wib. 44
0 0
Edukasi Penting dalam Penanganan Penyakit Diabetes
Sumber foto: google

Menurut dokter Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes, Departemen Klinik Ilmu Penyakit Dalam FKUI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr. dr. Tri Juli Edi Tarigan, SpPD-KEMD, edukasi terhadap masyarakat terkait penyakit diabetes sangat penting untuk mempermudah penanganannya. Tri Juli mengungkapkan hal ini dalam rangkaian webinar "Ngobrol Pintar tentang Diabetes" yang diselenggarakan di Jakarta, Sabtu.

Edukasi yang diberikan memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penyakit diabetes, sehingga mereka dapat lebih mudah dalam mengelolanya. Menurut Tri Juli, peran edukasi ini sangat vital, karena penanganan diabetes tidak hanya soal pengobatan, tetapi juga mengenai pengelolaan gaya hidup dan pola makan. Masyarakat perlu memahami tentang penyakit kencing manis atau Diabetes Melitus, di mana kadar gula darah seseorang melebihi nilai normal sehingga dapat menyebabkan penyakit kronis.

Di samping pemahaman akan kondisi penyakit, edukasi juga harus membahas cara-cara mengendalikan kadar gula darah, pengaturan asupan makanan, perjalanan penyakit diabetes, dan kebutuhan obat-obatan yang diperlukan. Tri Juli menekankan bahwa tidak hanya penderita diabetes yang perlu mengatur pola makan, tetapi seluruh masyarakat secara umum harus memperhatikan asupan gula yang dikonsumsi.

Selain itu, memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang sesuai takaran, juga merupakan hal penting yang harus dipahami oleh masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko yang lebih berat terkait dengan penyakit diabetes. Serta, aktivitas olahraga juga perlu diprioritaskan secara rutin minimal 30 menit setiap hari untuk membantu dalam pengendalian gula darah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Apa yang Membuatmu Antusias?
0 Suka, 0 Komentar, 6 Apr 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%