Tampang

Gordion Kota Legenda Yang Hilang di Turki Tengah

22 Mar 2024 04:51 wib. 160
0 0
Gordion Kota Legenda Yang Hilang di Turki Tengah
Sumber foto: Google

Gordion, ibu kota kuno Frigia, konon diperintah oleh Raja Midas yang legendaris, "pria dengan sentuhan emas". Tapi siapa dia, dan dari mana cerita tentang dia berasal?

Pengunjung Turki selalu terkagum-kagum dengan situs bersejarahnya yang megah. Dari tiang-tiang yang menjulang tinggi di Perpustakaan Celsus di Efesus hingga patung-patung kepala raksasa di Gunung Nemrut , negara ini hampir tenggelam karena beban kemegahan sejarahnya.

Namun ada satu kota kuno – yang baru-baru ini dinobatkan sebagai situs Warisan Dunia Unesco ke-20 di Turki – yang mengumumkan pentingnya kota tersebut dengan lebih sedikit kemeriahan. Namanya adalah Gordion, ibu kota kuno kerajaan Zaman Besi di Frigia, dan berusia setidaknya 4.500 tahun.

Terletak di dataran kering dan berangin, sekitar 90 km barat daya Ankara, Gordion lebih terlihat seperti tambang atau kawah gunung berapi yang sudah punah dibandingkan kota yang pernah menjadi kota besar. Sebuah gundukan besar, sisa-sisa benteng yang terkubur seluas 135.000 meter persegi, menjulang perlahan dari lanskap sekitarnya dengan jalan berpasir menuju ke puncak.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Berenang Bisa Bikin Bahagia?
0 Suka, 0 Komentar, 25 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?