Tampang

Edukasi Penting dalam Penanganan Penyakit Diabetes

29 Jun 2024 13:40 wib. 53
0 0
Edukasi Penting dalam Penanganan Penyakit Diabetes
Sumber foto: google

Untuk melengkapi pengendalian asupan makanan dan pola hidup sehat, ia mendorong masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter agar memperoleh informasi serta penanganan yang tepat terkait dengan kondisi kesehatan yang berhubungan dengan penyakit diabetes. Menurutnya, dengan pemahaman yang cukup, masyarakat akan lebih kooperatif dalam mengikuti instruksi dan penanganan yang diberikan oleh dokter.

Menurut data dari International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di dunia pada tahun 2021 mencapai 537 juta. Angka ini diprediksi akan terus meningkat mencapai 643 juta di tahun 2030 dan 783 juta pada tahun 2045. Di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetes juga memiliki angka yang signifikan. IDF mencatat bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 19,5 juta pada tahun 2021 dan diprediksi akan menjadi 28,6 juta pada tahun 2045. Hal ini menjadi perhatian serius dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), karena diabetes melitus dapat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit lain pada tubuh seseorang.

Menurut Tri Juli, pencegahan pertama dari penyakit kencing manis adalah dengan mengendalikan konsumsi gula berlebih pada makanan atau minuman, serta konsistensi untuk beraktivitas fisik setiap hari. Dia menekankan bahwa pola pikir ini harus tetap diterapkan dengan cara banyak bergerak kapanpun dan di manapun, menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari. Dengan cara ini, gula darah dapat terkontrol dengan baik sehingga penderita tidak perlu mengonsumsi obat dalam jumlah berlebihan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%