Tampang

Peneliti Ciptakan Obat Kolesterol Terbaru

18 Sep 2017 20:33 wib. 1.189
0 0
kolesterol tinggi

Lebih dari 600.000 orang Denmark dirawat dengan obat penurun kolesterol. 98 persen dari mereka diobati dengan statin, yang mengekang produksi kolesterol tubuh mereka sendiri sehingga kadar kolesterol turun. Namun, statin juga menyebabkan pembentukan protein berbahaya - yang dikenal dengan PCSK9 - yang menghambat efek statin. Penelitian baru dari Aarhus University telah menemukan cara di mana PCSK9 memecah reseptor LDL, yang merupakan sejenis molekul reseptor yang menyerap kolesterol LDL yang buruk dalam darah ke dalam hati.

Penemuan ini memungkinkan untuk mengembangkan obat penghambat PCSK9 yang berpotensi lebih efisien dan juga lebih murah, yang merupakan harapan baru untuk pengobatan kolesterol.

“Statin menyelamatkan banyak nyawa setiap tahun, namun obat tersebut memiliki konsekuensi yang tidak menguntungkan bahwa sel hati karena sel hati menghasilkan lebih banyak PSCK9. Sekarang kita telah menemukan bagaimana PCSK9 ditangkap oleh molekul spesifik di hati yang disebut heparan sulfate proteoglycans (HSPG), yang kemudian memecah reseptor LDL. Konsekuensinya adalah ada lebih sedikit reseptor LDL di hati. Kolesterol LDL yang lebih tinggi dalam darah meningkatkan risiko penggumpalan darah di jantung. Jika proses ini dihambat,  jumlah kolesterol dalam darah turun, "kata Camilla Gustafsen, yang merupakan salah satu peneliti di Aarhus University.

Dengan penemuan tersebut, para periset telah menyediakan salah satu bagian yang hilang dalam memahami PCSK9, dan ini membuka pengembangan jenis obat baru yang berpotensi bekerja jauh lebih baik daripada statin.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?