Tampang

Capek Mata Terus? Hati-hati, Bisa Jadi Kamu Punya Mata Silinder dan Maastigtisme!

25 Okt 2024 19:15 wib. 26
0 0
Gejala Mata Silinder
Sumber foto: google

Gangguan penglihatan seperti astigmatisme atau mata silinder adalah kondisi yang umum terjadi di antara orang dewasa. Menurut data yang dihimpun oleh Eyesight Associates, sekitar 40 persen populasi dewasa mengalami gangguan mata silinder pada berbagai tingkat keparahan yang memengaruhi kemampuan penglihatan mereka.

Dalam penjelasan yang dikutip dari WebMD, astigmatisme adalah suatu kondisi pada mata, terutama pada kornea atau bagian permukaan bola mata yang tidak berbentuk bulat secara sempurna. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti penglihatan kabur atau terdistorsi. Hal ini terjadi saat kornea atau lensa dalam mata memiliki bentuk yang tidak normal, yang seringkali menyebabkan cahaya yang masuk ke mata terbelok secara tidak merata.

Secara ideal, bola mata seharusnya memiliki bentuk bulat sempurna, di mana cahaya yang memasuki mata akan dibelokkan secara merata sehingga menghasilkan penglihatan yang jelas. Namun, pada individu yang mengalami astigmatisme, permukaan kornea tidak berbentuk bulat secara sempurna, mengakibatkan cahaya masuk ke mata terbelok secara tidak merata. Hal ini dapat menyebabkan hanya sebagian objek yang menjadi fokus, sedangkan objek lain mungkin terlihat kabur atau bahkan bergelombang.

Terkait dengan kondisi astigmatisme, seringkali juga dapat ditemukan adanya rabun jauh (miopia) atau rabun dekat (hiperopia). Ketiga kondisi ini dikenal sebagai kelainan refraksi yang dapat memengaruhi cara mata membelokkan atau membiaskan cahaya. Biasanya, astigmatisme diatasi dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, atau bisa juga dengan tindakan operasi yang dilakukan oleh dokter spesialis mata.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Game Mobile Legend untuk Kompetisi
0 Suka, 0 Komentar, 15 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.