Tampang

Capek Mata Terus? Hati-hati, Bisa Jadi Kamu Punya Mata Silinder dan Maastigtisme!

25 Okt 2024 19:15 wib. 23
0 0
Gejala Mata Silinder
Sumber foto: google

Astigmatisme sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu astigmatisme kornea yang disebabkan oleh ketidakregularan bentuk kornea, dan astigmatisme lentikular, yang diakibatkan oleh ketidakregularan bentuk lensa dalam mata. Sebagian individu dapat mengalami astigmatisme pada kedua komponen mata tersebut.

Astigmatisme bisa dialami oleh siapa saja, baik sejak lahir maupun dialami setelah masa anak-anak. Kondisi ini dapat juga membaik atau memburuk seiring berjalannya waktu.

# Gejala Mata Silinder
Gejala yang umum terkait dengan astigmatisme, seperti yang dikutip dari informasi yang disampaikan oleh Cleveland Clinic, adalah penglihatan kabur. Selain itu, penderitanya juga seringkali mengalami kesulitan dalam melihat detail dari objek, seperti teks atau huruf yang tertera pada menu atau rambu jalan di kejauhan. Beberapa gejala lainnya yang dapat muncul adalah ketegangan atau ketidaknyamanan pada mata, sakit kepala, kesulitan dalam melihat di kondisi pencahayaan minim, dan adanya kecenderungan untuk menyipitkan mata agar dapat melihat dengan lebih jelas.

Sebagian individu dengan astigmatisme ringan mungkin tidak merasakan gejala apapun, sehingga menjadi penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Hal ini sangat krusial terutama untuk anak-anak, yang mungkin tidak menyadari jika mereka mengalami gangguan penglihatan.

# Penyebab Mata Silinder
Mekanisme terjadinya astigmatisme terkait dengan ketidakregularan bentuk kornea atau lensa dalam mata, yang mengakibatkan cahaya masuk ke mata terbelok secara tidak merata sehingga menyebabkan kesalahan dalam pembiasan cahaya. Meskipun demikian, penyebab pasti terjadinya astigmatisme masih belum diketahui secara jelas, dan tidak ada cara spesifik untuk mencegahnya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

addie ms
0 Suka, 0 Komentar, 9 Mei 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.