Tampang

Angka Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi di Indonesia Masih Tinggi

5 Jun 2024 05:08 wib. 46
0 0
Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi
Sumber foto: google

Angka kelahiran bayi dengan penyakit jantung bawaan masih cukup tinggi di Indonesia, menurut Dr. Lia Gardenia Partakusuma dari Pertamedika Indonesia Health Corporation (IHC). Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa dari setiap 100 bayi yang lahir, ada satu pasien bayi dengan kondisi kritis yang memerlukan perawatan khusus.

Dalam konteks Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 5 juta anak yang mengalami kelainan jantung bawaan, di mana sebanyak 45-50 ribu di antaranya terjadi pada bayi. Sayangnya, sebanyak 80 persen dari bayi-bayi tersebut tidak dapat terselamatkan.

Menurut Lia, banyak nyawa bayi yang tidak dapat diselamatkan karena mereka harus menunggu antrean operasi selama satu hingga dua tahun. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan jumlah dokter spesialis jantung yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia. Dampaknya, penyakit jantung terus bertambah, termasuk di dalam populasi anak-anak. 

Tidak hanya faktor keterbatasan sumber daya manusia, Lia juga menyoroti gaya hidup tidak sehat yang menjadi pemicu utama kelainan jantung bawaan pada anak-anak. Kebiasaan kurang tidur, minim aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, dan kondisi kesehatan ibu yang tidak siap saat hamil turut berperan dalam meningkatkan risiko kelahiran bayi dengan penyakit jantung.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

singkong crispy
0 Suka, 0 Komentar, 7 Mei 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%