Tampang

Ibu Menyusui Berpuasa, Mengapa Tidak?

19 Mei 2018 15:35 wib. 1.383
0 0
Ibu Menyusui Berpuasa, Mengapa Tidak?

Keraguan acapkali menghantui ibu menyusui saat bulan Ramadan datang. Di satu sisi, mereka tidak ingin melewatkan bulan yang penuh berkah itu dengan menjalani ibadah puasa. Di sisi lain, mereka memikirkan bayi mungil yang tengah disusuinya. Akan berkurangkah asupan nutrisi untuk bayi ketika ibu berpuasa?

Pada dasarnya tidak ada masalah bagi ibu menyusui untuk tetap berpuasa. Puasa bisa dilakukan jika ibu kuat secara mental dan fisik serta bayinya tidak kekurangan asupan ASI. Apalagi, jika usia buah hati sudah melebihi enam bulan, di mana sudah mendapatkan asupan makanan pendamping ASI.

Ketika masih menyusui secara eksklusif dan bayi berusia di bawah enam bulan, dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi hanya mengandalkan ASI dari sang ibu. Namun, kalau sudah melebihi enam bulan sebenamya tidak masalah.

Jika terjadi penurunan produksi ASI sewaktu ibu menyusui berpuasa, setidaknya kebutuhan nutrisi dan gizi bayi dapat tetap terpenuhi melalui tambahan asupan makanan atau MPASI. Namun, apabila bayi masih berusia di bawah enam bulan yang merupakan periode ASI eksklusif dan ibu tetap ingin berpuasa, ada beberapa hal yang sebaiknya diwaspadai ibu. Misalnya rasa lemas atau lapar yang berlebihan karena bayi hanya mengandalkan ASI, rasa tidak nyaman itu bisa menyebabkan produksi ASI rentan menurun sehingga bayi terkesan tidak pernah kenyang karena ingin menyusu terus-terusan dan rewel.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

dalai lama
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jun 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?