Tampang

Yen Jatuh ke Level Terendah 38 Tahun, RI Ikut Untung Apa Buntung?

30 Jun 2024 21:14 wib. 183
0 0
Yen Jatuh ke Level Terendah 38 Tahun, RI Ikut Untung Apa Buntung?
Sumber foto: iStock

Dampak Pelemahan Yen bagi RI

Pelemahan yen ini dapat berdampak bagi negara lain, termasuk Indonesia. Meskipun pelemahan yen ini memberikan keuntungan bagi impor barang-barang dari Jepang ke Indonesia karena menjadi lebih murah, secara ekonomi juga membawa dampak negatif, yaitu lonjakan kunjungan turis asal Indonesia ke Jepang yang dapat memicu arus keluar devisa dari Indonesia ke Jepang.

Sebagai ilustrasi, impor nonmigas dari Jepang pada Mei 2024 tercatat sebesar US$1,03 miliar. Secara kumulatif, impor nonmigas dari Jepang pada periode Januari-Mei 2024 sebesar US$5,34 miliar. Dengan pelemahan yen, total nilai impor ini akan lebih kecil ketika nilai tukar yen terdepresiasi. Beberapa barang yang diimpor dari Jepang meliputi mesin dan peralatan mekanik, kendaraan besi dan baja, kendaraan, optic, fotografi, dan peralatan elektronik.

Tren Kunjungan Turis Asal Indonesia ke Jepang

Kendati pelemahan yen dapat memicu lonjakan kunjungan turis asal Indonesia ke Jepang, secara ekonomi hal ini tetap membawa dampak negatif. Jumlah kunjungan turis ke Jepang meningkat secara signifikan pasca pelemahan yen. Selama Januari-Mei 2024, jumlah kunjungan turis asal Indonesia ke Jepang mencapai 220.800 orang atau meningkat sebesar 32,5% dibandingkan periode yang sama pada 2019. Kota favorit yang dikunjungi oleh turis asal Indonesia di Jepang antara lain Tokyo, Osaka, Chiba Prefecture, Kyoto, dan Yamanashi Prefecture.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.