Tampang

Rupiah Bangkit Usai Mati Suri: Ada Andil Sri Mulyani, Kubu Prabowo-AS

29 Jun 2024 14:21 wib. 61
0 0
Rupiah Bangkit Usai Mati Suri: Ada Andil Sri Mulyani, Kubu Prabowo-AS
Sumber foto: iStock

Salah satu kekhawatiran terbesar adalah defisit anggaran yang dikhawatirkan bisa melewati batas ketentuan yakni 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB) hingga rasio utang yang ditakutkan membengkak ke atas 60% dari PDB.

Menanggapi kekhawatiran investor, pemerintah dan kubu Prabowo menggelar konferensi pers. Pemerintah dalam hal ini diwakili Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Kubu Prabowo diwakili Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka, Thomas Djiwandono.

Baik pemerintah maupun kubu Prabowo, tidak akan membuat rasio utang APBN pada 2025 melonjak hingga 50%. "APBN 2024 dijaga defisit di bawah 3% PDB. Ini komitmen yang sama dan sudah kami sampaikan pada Presiden terpilih Prabowo beliau berikan jaminan arahan bahwa dia komitmen terhadap defisit di bawah 3%," papar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Senin (24/6/2024).

Thomas juga menegaskan defisit RAPBN 2025 masih akan jauh di bawah batas aman rasio utang terhadap PDB sesuai Undang-Undang Keuangan Negara. "Rasio utang terhadap PDB yang pernah mungkin beberapa minggu lalu disebut di atas 50% itu tak mungkin," kata Thomas.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Negara Pertama diluar angkasa
0 Suka, 0 Komentar, 1 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%