Tampang

UKT Batal Dinaikan, Kampus Kembalikan Uang Mahasiswa Kelebihan Bayar

29 Mei 2024 23:32 wib. 66
0 0
UKT Batal Dinaikan, Kampus Kembalikan Uang Mahasiswa Kelebihan Bayar
Sumber foto: google

Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga yang memiliki peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, mengumumkan bahwa pemerintah membatalkan kenaikan uang kuliah tunggal atau UKT tahun ini. Kemendikbud Ristek juga akan mengevaluasi permintaan kenaikan UKT yang diajukan oleh perguruan tinggi negeri. 

Baru-baru ini, terdapat kabar baik bagi mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, terkait dengan kebijakan kenaikan UKT. Beberapa perguruan tinggi memutuskan untuk membatalkan rencana kenaikan UKT yang sebelumnya telah diumumkan. Menuruti kebijakan tersebut, sejumlah universitas pun membatalkan kenaikan UKT bagi para mahasiswanya. Selain itu, kampus juga bakal mengembalikan kelebihan bayar dari selisih kenaikan UKT yang sudah dibayarkan mahasiswa sebelumnya.

Namun, bukan hanya soal pembatalan kenaikan UKT saja yang menjadi perhatian. Bagi mahasiswa yang telah membayar UKT dengan nominal yang diusulkan oleh pihak kampus sebelumnya, kebijakan ini juga berdampak pada mereka. Sejumlah perguruan tinggi memutuskan untuk mengembalikan uang kelebihan bayar yang telah dibayarkan oleh mahasiswa. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi mahasiswa yang telah berjuang untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar UKT.

Kebijakan pengembalian uang kelebihan bayar ini tentu memberikan kelegaan bagi mahasiswa. Uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan mereka selama proses belajar mengajar, seperti membeli buku, mengikuti kegiatan ekskul, atau memenuhi kebutuhan sehari-hari selama berkuliah. Selain itu, kebijakan ini juga menunjukkan kepedulian pihak kampus terhadap kondisi ekonomi mahasiswa, terutama di tengah pandemi yang belum kunjung berakhir.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

UMP Kaltim Menguntungkan Kaum Buruh
0 Suka, 0 Komentar, 3 Nov 2017
Lowongan Kerja Tour Sales
0 Suka, 0 Komentar, 14 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%