Tampang

Pembentukan NAFTA: Perdagangan Bebas di Amerika Utara

30 Mei 2024 22:12 wib. 279
0 0
NAFTA
Sumber foto: Pinterest

Dampak NAFTA terhadap Perdagangan Bebas

Salah satu dampak utama pembentukan NAFTA adalah peningkatan perdagangan bebas di antara AS, Kanada, dan Meksiko. Berdasarkan data dari Kantor Perdagangan AS, nilai perdagangan antara ketiga negara tersebut meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak diberlakukannya NAFTA. Hal ini menunjukkan bahwa NAFTA telah berhasil membuka pasar dan mendorong pertumbuhan perdagangan di Amerika Utara.

Selain itu, NAFTA juga memberikan dukungan bagi investasi asing di kawasan Amerika Utara. Dengan adanya akses pasar bebas, perusahaan AS, Kanada, dan Meksiko memiliki kesempatan untuk mengembangkan investasi mereka di negara mitra tanpa terkendala oleh hambatan perdagangan. Hal ini telah mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Amerika Utara dan meningkatkan daya saing produk domestik di pasar global.

Namun, selayaknya perjanjian perdagangan bebas lainnya, NAFTA juga menghadapi kritik terkait dampaknya terhadap sektor pekerjaan dan lingkungan. Beberapa pihak berpendapat bahwa NAFTA telah menyebabkan pemindahan sejumlah besar pekerjaan manufaktur dari AS ke Meksiko karena perbedaan biaya tenaga kerja dan regulasi lingkungan yang lebih longgar di Meksiko. Selain itu, ada pula kekhawatiran terkait dampak negatif terhadap lingkungan karena adanya peningkatan aktivitas industri di kawasan perjanjian.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ikan Terbesar di Dunia
0 Suka, 0 Komentar, 8 Mei 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%