Tampang

Musim Panen dan Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Menurut Bank Indonesia

24 Apr 2024 10:01 wib. 76
0 0
Bank Indonesia
Sumber foto: google

Pada triwulan I-2024, kapasitas produksi terpakai tercatat sebesar 73,61 persen, meskipun lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yaitu 73,91 persen. Namun, hal ini didorong terutama oleh sektor pertanian, kehutanan, perikanan, dan industri pengolahan.

Penggunaan tenaga kerja menunjukkan kekuatan yang tetap kuat dengan adanya indikasi ekspansi. Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha secara umum juga masih baik, terutama dalam hal likuiditas dan rentabilitas, meskipun tidak sebaik pada triwulan sebelumnya, dengan akses kredit yang lebih mudah.

Untuk triwulan II-2024, responden memperkirakan kegiatan usaha akan terus mengalami peningkatan dengan prediksi SBT sebesar 18,94 persen.

Seluruh sektor lapangan usaha diprediksi akan tumbuh positif, terutama pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sejalan dengan musim panen yang bergeser dari triwulan I ke triwulan II, terutama pada komoditas tanaman pangan di beberapa wilayah, terutama daerah lumbung pangan nasional, serta tanaman hortikultura dan perkebunan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?