Tampang

Atas Nama Persahabatan, SYL Beri Uang Rp 1,3 Miliar ke Firli Bahuri

28 Jun 2024 18:50 wib. 22
0 0
Atas Nama Persahabatan, SYL Beri Uang Rp 1,3 Miliar ke Firli Bahuri
Sumber foto: rri.co.id

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mengungkapkan bahwa dirinya memberikan uang sebesar Rp 1,3 miliar kepada mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, sebagai bentuk persahabatan. Pengakuan ini terungkap dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin lalu (24/6/2024).

SYL menjelaskan bahwa uang tersebut diberikan secara bertahap. Pertama, uang diserahkan saat SYL dan Firli bertemu di GOR Badminton dan diberikan dalam bentuk valuta asing. Pada saat itu, terjadi penyerahan uang secara tidak langsung melalui ajudan, yaitu Panji ke Kevin, ajudan dari Pak Firli.

Dalam persidangan, hakim pun menanyakan hal ini kepada SYL. SYL mengakui bahwa terdapat penyerahan uang di GOR tersebut, sekitar Rp 500 juta dalam bentuk dana valas. Selanjutnya, SYL juga mengakui bahwa ada penyerahan uang sebesar Rp 800 juta kepada Firli. Hakim menyoroti tujuan SYL memberikan uang senilai total Rp 1,3 miliar kepada Firli, apakah ada kaitannya dengan penanganan perkara yang saat itu sedang diproses oleh KPK. Namun, SYL membantah hal tersebut dan menjelaskan bahwa pemberian uang tersebut semata-mata sebagai bentuk persahabatan.

SYL juga berdalih bahwa dirinya dan Firli adalah sahabat, sehingga uang tersebut diberikan sebagai bentuk persahabatan. Namun, hakim yang tidak puas kembali menyelidiki alasan di balik pemberian uang ini, terutama karena KPK sedang mengendus kasus di Kementerian Pertanian.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%