Tampang

Mengulas 5 Dampak Inflasi Terhadap Daya Beli Masyarakat

18 Mar 2024 23:54 wib. 524
0 0
Dampak Inflasi

Masyarakat juga akan mengalami penurunan daya tawar akibat inflasi. Ketika harga-harga naik, masyarakat akan lebih sulit untuk melakukan negosiasi harga atau mendapatkan diskon. Hal ini karena pedagang tentu akan berusaha untuk menutupi biaya produksi yang semakin meningkat dengan menaikkan harga barang.

5. Memengaruhi Kebijakan Moneter Bank Sentral

Inflasi yang tinggi dapat memaksa bank sentral untuk menaikkan suku bunga atau mengurangi likuiditas guna menekan inflasi. Pengurangan likuiditas dapat mempersulit akses masyarakat maupun perusahaan terhadap kredit, yang pada gilirannya juga dapat mempengaruhi daya beli masyarakat.

Maka dari itu, inflasi memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap daya beli masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah dan pelaku ekonomi perlu berkolaborasi untuk mengendalikan inflasi agar tidak terlalu merusak daya beli masyarakat. Dengan begitu, diharapkan masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa terlalu terbebani oleh inflasi yang tinggi. Semoga dengan adanya kebijakan yang tepat, inflasi dapat dikelola dengan baik sehingga tidak terlalu merugikan masyarakat secara umum.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?