Tampang

LPEM FEB UI: GoTo Dorong 5 Sektor Penting, Sumbang Rp392 T ke PDB 2023

5 Jun 2024 17:43 wib. 57
0 0
LPEM FEB UI: GoTo Dorong 5 Sektor Penting, Sumbang Rp392 T ke PDB 2023
Sumber foto: google

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Studi terbaru oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) menemukan bahwa kontribusi GoTo mencapai Rp259,6 triliun hingga Rp 392 triliun terhadap PDB pada 2023.

Hasil kajian tersebut memperhitungkan nilai tambah yang dihasilkan dari aktivitas perusahaan dan mitra bisnis dalam ekosistem GoTo, termasuk mitra pengemudi dan pedagang (merchant) UMKM. Kontribusi ini tidak mencakup total nilai transaksi bruto (gross transaction value/GTV) GoTo.

Dari kajian LPEM UI tersebut, dampak GoTo terlihat pada lima sektor penggerak PDB Indonesia pada 2023. Kelima sektor itu yakni ritel, manufaktur, makanan dan minuman, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan transportasi. 

Pada sektor ritel, perdagangan grosir dan eceran, perbaikan kendaraan bermotor, dan sepeda motor (melalui bisnis inti GoTo di layanan on-demand dan e-commerce) memberikan kontribusi senilai Rp 154,7 triliun hingga Rp 175,4 triliun. Di sektor manufaktur, dampak tidak langsung kegiatan bisnis yang dilakukan oleh merchant GoTo diperkirakan mencapai Rp 17,4 triliun sampai dengan Rp 45,1 triliun.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%