Tampang

Beras Rastra Tidak Layak Konsumsi dikembalikan ke Bulog.. Ini Kata Mensos..

7 Jul 2017 15:00 wib. 1.421
0 0
Beras Rastra Tidak Layak Konsumsi dikembalikan ke Bulog.. Ini Kata Mensos..

Tampang.com - Beras merupakan kebutuhan pangan yang sangat pokok. Namun masih banyak rakyat Indonesia kesulitan untuk membeli beras karena masalah ekonomi. Padahal beras memiliki kualitas yang berbeda tentunya dengan harga yang berbeda pula mulai dari yang murah hingga beras mahal yang memiliki kualitas super.

Untuk membantu masalah ekonomi masyarakat dalam membeli bahan pangan seperti beras, pemerintah memberikan bantuan berupa subsidi pangan yang telah berjalan selama 19 tahun. Namun subsidi pangan berupa beras sering dikeluhkan oleh warga karena tidak layak konsumsi. Menurut Khofifah Indar Parawansa selaku Menteri Sosial mengatakan, “Keluhannya bermacam-macam, mulai dari beras pecah-pecah atau hancur, berwarna kuning maupun kehitaman, berkutu dan bau apek.”

Khofifah meminta Pemerintah Daerah mengembalikan beras sejahtera (Rastra) kurang layak tersebut pada Bulog. Bulog wajib menggantinya dengan beras berkualitas yang lebih baik sesuai kualifikasi berdasarkan harga pembelian beras (HPB). Khofifah sangat menyangkan persoalan beras yang tidak layak konsumsi terus saja berulang. Padahal seharusnya dengan HPB sebesar Rp 9.220 per kilogram masyarakat mendapatkan beras yang berkategori medium yang artinya sangat layak untuk dikonsumsi.

Sementara itu harga tebus Rastra sendiri yaitu sebesar Rp 1.600 per kilogram dan pemerintah mensubsidi sebesar Rp 7.620 per kilogram. Untuk mencegah kejadian terulang kembali maka Khofifah meminta Pemerintah Daerah dan juga Bulog agar aktif dalam mengecek langsung seluruh stok beras yang ada di setiap gudang sebelum didistribusikan. Pastikan jika seluruh beras yang akan didistribusikan layak untuk dikonsumsi.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?