Tampang

Lebih Bijak Membeli Tanah atau Rumah Jadi? Simak Jawabannya Disini

15 Sep 2024 07:48 wib. 330
0 0
Lebih Bijak Membeli Tanah atau Rumah Jadi? Simak Jawabannya Disini
Sumber foto: iStock

Beli Tanah saja Jika...

Pilihan ini sebetulnya cocok bagi mereka yang ingin memiliki rumah dalam jangka waktu tiga tahun ke depan atau bahkan lebih. Bank sejatinya memiliki produk bernama kredit pemilikan tanah (KPT). Anda bisa melakukan pembelian tanah dengan cara kredit, dan menabung atau berinvestasi secara rutin setiap bulan untuk membangun rumah di tahun yang telah ditentukan.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih leluasa dalam memilih kontraktor, material, dan aspek lain yang terkait dengan pembangunan rumah Anda di atas tanah tersebut. Sebagai aset properti, nilai tanah cenderung terus naik seiring berjalannya waktu, sementara nilai bangunan bisa mengalami penyusutan.

Pertimbangkanlah pilihan Anda dengan cermat, karena rumah adalah aset yang akan Anda gunakan dalam jangka panjang. Ini berarti Anda perlu mempertimbangkan baik-baik apakah Anda ingin memiliki rumah yang sudah jadi atau membangun rumah Anda sendiri setelah membeli tanah.

Misalnya, jika Anda ingin memiliki kendali lebih besar terhadap desain dan konstruksi rumah Anda, membeli tanah terlebih dahulu dapat memberikan keuntungan yang signifikan. Dengan begitu, Anda dapat memilih petak tanah yang sesuai dengan keinginan Anda, merencanakan denah rumah, menentukan material bangunan yang akan digunakan, dan memilih kontraktor yang bisa dipercaya.

Namun, di sisi lain, membeli tanah terlebih dahulu juga bisa memerlukan waktu dan tenaga ekstra. Anda harus memastikan bahwa lokasi tanah tersebut memenuhi kebutuhan dan memiliki akses yang mudah ke fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, dan tempat lain yang mungkin diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?