Tampang

Dolar AS Terus Melemah, Dekati Level Terendah Sejak Januari

16 Sep 2024 12:42 wib. 52
0 0
Dolar AS Terus Melemah, Dekati Level Terendah Sejak Januari
Sumber foto: iStock

Nilai mata uang dolar Amerika Serikat (AS) semakin mendekati titik terendahnya sejak bulan Januari dengan para pelaku pasar atau trader semakin condong ke arah penurunan suku bunga sebesar setengah poin persentase oleh Federal Reserve minggu ini.

Menurut data indeks mata uang AS Bloomberg, terjadi penurunan sebesar 0,3% pada hari Senin waktu setempat yang mendekati level terendah sejak bulan Agustus. Penurunan ini dianggap sebagai sebuah indikasi yang akan membawanya ke level terlemah sejak Januari. Dampak dari penurunan dolar ini telah mendorong mata uang utama seperti yen, yang naik ke level tertinggi sejak Juli 2023.

Selama berminggu-minggu terjadi perdebatan mengenai apakah The Fed akan memulai pelonggaran kebijakannya dengan pemotongan 25 atau 50 basis poin. Namun, para pedagang lebih memilih opsi yang terakhir. Kontrak berjangka terkait dengan keputusan The Fed minggu ini memiliki harga sekitar 58% peluang pemotongan setengah poin, dibandingkan dengan lemparan koin pada hari Jumat lalu.

Rodrigo Catril, seorang ahli strategi di National Australia Bank Ltd., menyatakan, "Kami melihat siklus pelonggaran The Fed yang baru dan akan segera terjadi sebagai penghalang utama bagi dolar. Dolar akan memulai penurunan siklus saat Fed melonggarkan dan membawa suku bunga ke arah netral, atau bahkan di bawahnya, tahun depan."

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?