Sebaliknya, saya malah mengatur pertemuan dengan Roza Mutlu, yang membaca nasib pengunjung sambil menjelaskan aturan dan ritual rumit seputar kopi Turki. Mengenakan celana jins dan hoodie, dia membawa saya dan ibu ke sebuah kafe klasik di Beyoğlu tempat pelanggan lain menikmati sarapan, menyelesaikan pekerjaan, dan bersosialisasi dengan teman-teman.
Dia memesan beberapa cangkir kopi sederhana, yang tidak mengandung seni latte atau sirup mewah, tetapi penuh dengan simbolisme. Membaca kopi bersifat matriarkal, biasanya diturunkan dari nenek ke ibu, katanya, dan Mutlu menjadi populer di sekolah menengah ketika dia menemukan bakatnya dalam menafsirkan masa depan.
Seorang pelayan membawakan kopi kami dan Mutlu segera memberikan cangkir paling berbusa kepada orang tertua di meja itu, ibuku, sebagai tanda hormat. Kami menyesap kopi kami, tersenyum meski rasanya pahit dan pekat, hingga hanya endapan berlumpur yang tersisa.
Lalu kami membuat permohonan, memutar cangkirnya tiga kali, dan meletakkannya menghadap ke bawah di atas piring selama lima menit agar ampasnya mengendap. Kami meletakkan cincin atau koin di atas cangkir, tergantung apakah kami ingin fokus pada hubungan atau bisnis. Terakhir, kami mengulangi kalimat neyse halim çiksin falim ("apapun aku, biarlah di dalam cangkirku") dan mengangkat cangkir untuk memperlihatkan piringnya.
Aku menghela nafas lega karena tanahku tidak menggumpal, yang menurut Mutlu adalah tanda mata jahat. Namun sayang, cangkirku tidak menempel di tatakannya, yaitu cangkir nabi yang beruntung, pertanda semua keinginanmu akan terkabul.
Dengan jarinya, Mutlu menelusuri satu sisi cangkir untuk menunjukkan masa lalu dan sisi lainnya, masa depan. Dia menelusuri daftar istilah pola dan bentuk, mencoba memecahkan kode hewan, angka, ikon, dan huruf. Seekor burung, misalnya, adalah pertanda kabar baik, seekor kuda adalah pertanda pangeran atau putri, seekor ikan adalah pertanda keberuntungan, dan seekor ular adalah pertanda musuh.
Pembacaan, katanya kepada kami, bukan hanya tentang simbol, tetapi juga warna, ukuran bentuk, dan yang terpenting, energi peminum kopi.
“Kami tidak melebih-lebihkan pembacaan kami, namun hal tersebut membantu membimbing kami,” kata Mutlu. Dengan kata lain, orang tidak boleh menganggap ramalan tentang perceraian, kehamilan, atau perubahan karier sebagai Injil, meskipun Mutlu mengatakan banyak pengunjungnya yang menghubunginya setelah itu untuk mengonfirmasi keanehan ramalannya.
Saya memiliki hubungan yang lebih dekat berkat ampas kopi ini. Kita bisa membicarakan apa saja, mulai dari ayah hingga kekhawatiran kita. Ini adalah jalan pintas dalam percakapan
Fal juga merupakan cara untuk menjalin koneksi yang lebih dalam dan lebih cepat, katanya. Misalnya, ketika Mutlu kembali terhubung dengan teman-teman dekatnya setelah beberapa tahun, dia berkata bahwa dia bisa menghindari obrolan ringan dan langsung membahas masalah hati. "Saya memiliki hubungan yang lebih dekat berkat ampas kopi ini. Kita bisa membicarakan apa saja, mulai dari ayah hingga kekhawatiran kita. Ini adalah jalan pintas dalam percakapan." Aku juga mendapati bahwa aku tiba-tiba terbuka mengenai masalah dan keteganganku, pengalaman hidupku, dan aspirasiku untuk masa depan.