Tampang

Pohon Palestina Dalam Kimono Jepang: Simbol Budaya Solidaritas

7 Apr 2024 11:41 wib. 33
0 0
Pohon Palestina Dalam Kimono Jepang: Simbol Budaya Solidaritas
Sumber foto: Unsplash

Maki Yamamoto menemukan dirinya terpesona oleh keindahan Pohon Palestina sejak pertemuan awalnya, dan tidak lama setelah kunjungan pertamanya ke Tepi Barat Palestina yang diduduki, dia mulai mahir menggabungkan sulaman silang asli itu ke dalam pakaian tradisional Jepang yang paling terkenal, yaitu kimono.

Sekitar dua puluh tahun yang lalu ketika bekerja sebagai peneliti untuk perusahaan kosmetik, wanita asli Tokyo ini mulai menjadi relawan di berbagai acara budaya yang diadakan oleh kedutaan asing di Jepang, dan menjalin persahabatan yang langgeng dengan istri duta besar Palestina untuk Jepang, Maali Siam.

Seiring bertumbuhnya persahabatan mereka, juga tumbuh minatnya terhadap Palestina. Ia mengunjungi Tepi Barat yang diduduki untuk pertama kalinya pada tahun 2013 dan kembali dengan gagasan menggabungkan teknik sulaman silang Palestina ke dalam kimono, atau lebih spesifiknya obi, ikat pinggang yang melingkari pinggang pakaian tradisional Jepang.

Berbekal pengalaman dan kecintaannya terhadap budaya Palestina, Maki kemudian mendirikan sebuah perusahaan yang fokus pada perancangan kimonos khusus dengan motif-motif tatreez Palestina. Proses penggabungan antara keindahan tradisional Palestina dengan busana khas Jepang ini tidak hanya menciptakan karya seni yang unik, tetapi juga menjadi simbol solidaritas budaya yang kuat antara kedua bangsa.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

katedral
0 Suka, 0 Komentar, 29 Apr 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?