Tampang

Potensi Ekspor Produk Rotan Indonesia ke Mancanegara

17 Mar 2024 13:11 wib. 110
0 0
Kursi Rotan
Sumber foto: https://www.pexels.com/photo/customized-furniture-made-of-rattan-12713220/

Indonesia adalah Negara pengekspor mebel rotan terbesar di dunia dengan nilai sebesar 80 juta Dolar Amerika (tahun 2022).  Angka tersebut merupakan 38 % dari total ekspor produk rotan dunia. Meskipun demikian, potensi ekspor produk tersebut ternyata masih sangat tinggi. Masih banyak permintaan pasar dunia  yang belum dapat dipenuhi oleh perusahaan mebel Rotan Indonesia.  Pasar Ekspor utama produk rotan Indonesia masih di dominasi oleh Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Inggris  dan Perancis. Adapun pesaing bagi Indonesia di bidang ekspor produk rotan adalah Filipina, Cina, Vietnam dan Belgia.

Amerika Serikat merupakan  Negara pengimpor terbesar  produk rotan sebesar 38 %  dari seluruh permintaan rotan dunia.  Walaupun demikian, potensi permintaan rotan di Amerika Serikat masih sangat besar. Masih ada sekitar 38 Juta Dolar potensi pasar Amerika Serikat di produk rotan yang masih belum dipenuhi oleh Negara-Negara eksportir produk tersebut. Demikian juga potensi pasar di Negara Jerman, Belanda , Inggris dan Perancis juga masih cukup besar yaitu sekitar 8 juta dollar.

Peluang pasar yang masih sangt besar tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh Industri Rotan Indonesia sehingga peluang pasar tersebut dapat direbut oleh Eksportir dari Indonesia. Ada beberapa hal yang harus ditingkatkan untuk mencapai hal tersebut, diantaranya

1. Promosi yang gencar di Negara Tujuan Ekspor.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Resep Bitterballen yang Gurih dan Renyah
0 Suka, 0 Komentar, 28 Jul 2018
Cara Penanganan Mimisan
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?