Tampang

Pengembalian Pangan Kamboja Yang Hilang Pada Masa Rezim Khmer Merah

22 Mar 2024 04:50 wib. 138
0 0
Pengembalian Pangan Kamboja Yang Hilang Pada Masa Rezim Khmer Merah
Sumber foto: Google

Resep-resep yang disiapkan di dapur keluarga kerajaan Kamboja juga menderita dalam setengah abad terakhir, ketika para bangsawan meninggal atau melarikan diri pada masa Khmer Merah. Untungnya, buku masak masa depan Putri Kamboja Rasmi Sobbhana Norodom tahun 1960, Seni Kuliner Kamboja , menyediakan banyak resep tradisional. Mirip seperti Chef Nak, sang putri mengabdikan diri untuk meneliti masakan Khmer. Dia memperhatikan bahwa menu istana kerajaan pada saat itu (pasca pemerintahan kolonial Prancis) didominasi oleh masakan Cina dan Thailand yang lebih mudah disiapkan, dan dengan demikian mencatat sekitar 170 resep Khmer untuk anak cucu.

Buku ini memuat hidangan berusia berabad-abad, seperti samlor muktaa (sup mutiara putih). Chef Nak sangat senang menemukan resep langka ini. “Hidangan ini tidak biasa karena orang Kamboja biasanya menggunakan mutiara tapioka hanya dalam makanan penutup, namun sup ini dibuat dengan dua jenis daging (babi dan ayam) dan dua kerang (udang dan kepiting air tawar raksasa) dan mutiara tapioka yang menjadi bening dan mengapung di dalamnya. supnya, menjadikannya menarik dan lezat,” katanya. “Bagi saya, menemukan kembali hidangan seperti sup mutiara putih dan dapat membagikannya melalui YouTube tidak hanya kepada pengikut kami di Kamboja tetapi juga orang-orang di seluruh dunia adalah kisah yang luar biasa dan merupakan suatu kebanggaan,” kata Chef Nak. “Harus ada kekuatan keyakinan, investasi dari suatu negara untuk melihat makanan sebagai duta besarnya, untuk berbicara tentang sejarah dan kisah-kisah masyarakatnya.”

Pol pun juga bersemangat membina jiwa kuliner tanah air. “Kami punya Khmer Merah dan kami kehilangan semua resepnya, dan sekarang, dengan generasi baru kami, kami mencoba mempromosikan makanan kami kepada wisatawan dan dunia internasional. Saya sangat bangga mendapat kesempatan untuk memperkenalkan makanan Kamboja kepada dunia."

<1234>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

7 Tips Olahraga Lari Bagi Pemula
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jul 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?