Tampang

Bisakah Para Astronom Menemukan Kehidupan Lain di Luar Bumi Dalam Satu Dekade ke Depan?

22 Mar 2024 21:20 wib. 403
0 0
Astronom Mencari Kehidupan Lain di Luar Bumi
Sumber foto: Google

Pesawat ruang angkasa NASA bernama Europa Clipper dijadwalkan diluncurkan ke Europa pada Oktober mendatang, menyusul pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Eropa, Juice, yang diluncurkan pada bulan April 2023.

Direncanakan tiba pada tahun 2030 dan 2031, kedua pesawat ruang angkasa tersebut kemungkinan besar tidak akan mendeteksi kehidupan di Europa. Walau begitu, dua wahana itu akan mempelajari luas lautan Europa dan menyiapkan landasan untuk misi ruang angkasa masa depan yang mungkin mencoba menggali di bawah lapisan es.

Dua wahana itu juga diharapkan bisa terbang melintasi gumpalan yang mungkin dikeluarkan dari lautan bulan ke luar angkasa. Tujuannya satu: mencari kehidupan.

Sebenarnya memasukkan dua penjelajah ke lautan di bulan planet lain itu adalah "masalah 100 tahun". Alasannya, kata Britney Schmidt, astronom di Cornell University di New York, adalah rintangan melewati es setebal beberapa kilometer. Namun menurutnya, masuk ke dalam cangkang es dan berinteraksi dengan cairan adalah sesuatu yang bisa dilakukan dua penjelajah itu dalam jangka pendek.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?