Tampang

Ahli Gizi, Manusia Perlu Makan Ikan, Bukan Ekstraknya

15 Sep 2024 13:48 wib. 323
0 0
Ahli Gizi, Manusia Perlu Makan Ikan, Bukan Ekstraknya
Sumber foto: Google

Dokter dan ahli gizi masyarakat Tan Shot Yen menekankan pentingnya konsumsi ikan sebagai bagian dari pola makan sehat. Ikan bukan hanya sumber protein yang baik, tetapi juga mengandung asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral penting lainnya. Dalam mengomentari wacana penggunaan susu ikan atau hasil ekstraksi ikan dalam program makan bergizi gratis, Tan menyatakan bahwa mengonsumsi ikan secara utuh akan memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar daripada mengandalkan ekstraknya saja.

Sebagai seorang dokter yang juga ahli gizi masyarakat, Tan Shot Yen memiliki pemahaman mendalam tentang hubungan antara konsumsi ikan dan kesehatan manusia. Ikan dikenal sebagai sumber protein berkualitas tinggi yang mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk fungsi otak, jantung, dan sistem saraf.

Menurut Tan, mengonsumsi ikan secara utuh memberikan manfaat tambahan berupa sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh manusia. Ikan mengandung vitamin D, vitamin B12, selenium, dan zat besi. Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin B12 dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang sehat. Sementara itu, selenium dan zat besi berperan dalam menjaga keseimbangan hormon dan fungsi metabolisme tubuh.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Resep Membuat Spaghetti Rumahan Enak dan Gurih
0 Suka, 0 Komentar, 7 Mei 2024
15 Cara Ampuh Atasi Diare
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mar 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?