Tampang

Rahasia Antipenuaan pada Cacing Terpecahkan

15 Mar 2018 07:19 wib. 1.190
0 0
Rahasia Antipenuaan pada Cacing Terpecahkan

Bila Anda berpikir dan berharap untuk awet muda, penemuan yang satu ini akan memberikan titik terang bagi Anda. Peneliti dari University of Nottingham, Inggris, telah melakukan uji antiproses penuaan pada seekor cacing pipih (Planaria) dan berhasil.

Nah, pada uji antiproses penuaan itu, para peneliti melihat terjadinya proses regenerasi yang hampir tidak terbatas pada cacing pipih tersebut. Cacing ini mampu mampu mengganti jaringan dan sel-sel tua atau rusak. 

Seperti dikutip dari laman Science Daily, Aziz Aboobaker dari Jurusan Biologi menyatakan bahawa mereka sudah mempelajari dua jenis cacing Planaria, yaitu yang bereproduksi seksual dan aseksual. Keduanya memiliki kemampuan untuk beregenerasi tanpa batas dengan cara menumbuhkan otot, kulit, usus baru, dan bahkan seluruh bagian otak berkali-kali.

Biasanya pada saat sel punca membelah untuk menyembuhkan luka, saat reproduksi atau pertumbuhan, sel-sel itu mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Pada fase itu sel punca tidak lagi mampu membelah dan berkurang kemampuannya untuk mengganti sel yang rusak dalam jaringan tubuh mereka. Efek yang terlihat secara kasat mata adalah kulit yang menua.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pak Paloh dan Ketua Umum PKB Tidak Ada
0 Suka, 0 Komentar, 11 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?