Tampang

Hingga Kini Gunung Agung Masih Berstatus Siaga III

3 Jul 2018 23:21 wib. 1.227
0 0
Hingga Kini Gunung Agung Masih Berstatus Siaga III

Diberitakan aktivitas vulkanik Gunung Agung di Karangasem, Bali hingga hari ini belum ada tanda-tanda penurunan. Bahkan Erupsi terjadi lagi pada pukul 09.46 WITA (3/7/2018). Namun, ratusan pengungsi masih memilih bertahan tetap tinggal di sejumlah lokasi terdekat. Diketahui erupsi kembali terjadi dengan kolom abu setinggi 500 m hingga 2.000 meter dari puncak kawah. Hal itu menunjukkan bahwa erupsi ini tergolong tinggi dan besar.

Dari hasil pengamatan petugas di pos pengamatan Desa Rendang Karangasem, mengungkapkan kolom abu mengarah ke barat tertiup angin. Dari kejadian ini, Gunung Agung masih berstatus siaga level III. Selain itu, diperkirakan abu vulkanik akan terus terjadi.

"Aktivitas masih tinggi dan terus berkembang. Kalau kita lihat, di atas kawah itu ada indikasi dia sedang erupsi meski tidak keluar abu," ujar Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Devi Kamil Syahbana.

Sejak terjadinya erupsi pada Senin malam (2 Juli 2018) lalu, ada ratusan warga lereng Gunung Agung masih memilih bertahan di lokasi pengungsian Gedung LPD, Desa Rendang, Karangasem. Para pengungsi tersebut merupakan warga Dusun Telung Buana Desa Sebudi yang berada di radius 4 km dari titik kawah Gunung Agung.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Dzikir
0 Suka, 0 Komentar, 1 Mei 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%