Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Screenshot WA Mesum Rizieq Shihab-Firza Husain 100 % Asli

Screenshot WA Mesum Rizieq Shihab-Firza Husain 100 % Asli

19 Mei 2017 | Dibaca : 4686x | Penulis : Gatot Swandito

Foto layar (screenshot) percakapan WhatsApp antara akun Rizieq Shihab dan akun Firza Husain dipastikan asli. Tetapi, apakah pemilik dua akun yang bercakap-cakap tersebut adalah Rizieq Shihab yang dikenal sebagai Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dan Firza Husain yang diketahui sebagai Ketua Yayan Solidaritas Keluarga Cendana (SSC)? Kepastian tentang pemilik dua akun inilah yang belum diketahui secara pasti.

(Sekali lagi, foto layar (screenshot)  WA tersebut 100 % asli. Apakah keaslian konten yang di-capture dalam hasil screenshot tersebut  tidak perlu diulas lagi. Sebab bagi pengguna WA pastinya sudah mengetahui jika tampilan yang di-capture tersebut merupakan hasil rekayasa. Hasil rekayasa tersebut dapat dengan mudah diketahui dari ukuran image yang di-capture. Image yang ditampilkan oleh WA ditampilkan dalam kotak atau bingkai berwarna putih dan berukuran lebih kecil. Sementara foto layar tampilan chat mesum HRS-FH berukuran lebih besar)  

Demikiaa juga dengan rekaman video yang mengungkapkan kekesalan sesorang yang mengaku bernama Firza Husain kepada Rizieq Shihab. Apakah benar suara yang terdengar dari video itu milik Firza? Demikian juga apakah “habib: yang disebut dalam video tersebut adalah Habib Rizieq Shihab? Karena dalam video berdurasi hampir 4 menit tersebut yang hanya memperdengarkan suara tersebut tidak terdengar kata “Rizieq Shihab” atau “Rizieq” hanya kata “habib” yang terdengar.

Soal akun WA. Akun WA sama saja dengan akun-akun jejaring sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, Kompasiana, dll. Siapa pun bisa membuat akun WA, FB, Twitter, Kompasiana, dll dan siapa pun bisa menggunakan nama apa saja sebagai identitas akun.

Belakangan banyak sekali beredar lewat media sosial foto layar WA yang mengungkapkan adanya percakapan antar akun. Biasanya percakapan yang di-screenshot itu adalah chat para tokoh politik. Dan, dalam tempo singkat foto layar percakapan WA tersebut menyebar secara viral.

Sebelumnya, menyebar foto layar WA pernyataan akun Choel Mallaranggeng tentang logistik.  “Logistik sdh tdk mungkin ditarik balik mrk jg tahu itu,” cakap akun Choel. Oleh para pendukung Ahok, “logistik” yang maksud akun Choel adalah dana Aksi 411 yang digelar pada 4 November 2016.

Entah bagaimana cara para pendukung Ahok dan situs-situs pendukung Ahok lainnya mengartikan “logistik” dalam foto layar WA tersebut sebagai dana Aksi 411? Karena dari seluruh foto layar yang terkait akun Choel Mallarangeng dalam soal logistik tidak ada satu pun yang mengarah kepada dana Aksi 411. Bukan hanya itu, sampai sekarang pun belum jelas, apakah akun Choel Mallarangeng yang bercakap tersebut benar-benar milik Choel Mallarangeng yang dikenal sebagai adik dari terpidana kasus korupsi Andi Mallarangeng?

Tetapi, apapun itu, foto layar percakapan WA akun Choel Mallarangeng telah menyebar dan dipercaya kebenarannya. Apalagi sampai saat ini pun pihak Choel atau Ckeas belum mengklarifikasi persoalan ini.

Benar atau tidaknya percakapan WA antara akun Rizieq Shibab dengan akun Firza Husain sangat sulit dibuktikan. Dari pihak Rizieq sudah membantahnya dengan mengatakan kalau nomor teleponnya dikloning. Artinya, Rizieq sudah mengakui kalau nomor telepon yang terdapat dalam foto layar WA adalah nomor telepon miliknya.

Tetapi, apakah sanggahan Rizieq tentang nomor teleponnya sudah dikloning dapat dibuktikan? Sebenarnya untuk membuktikan masalah ini sangat sederhana. Cukup dengan membuka Call Data Record (CDR) nomor telepon yang dimaksud.

Dari CDR dapat diketahui lokasi BTS yang melayani nomor telepon Rizieq.Wajarnya, satu nomor yang sama tidak mungkin tercatat oleh dua atau lebih BTS dalam waktu yang sama. Kalau ada satu nomor yang sama tercatat dilayani oleh dua BTS, artinya nomor telepon tersebut sudah dikloning.

Tetapi, kalau ternyata hanya satu BTS yang mencatat nomor telepon Rizieq, berarti nomor telepon tersebut tidak dikloning. Dengan demikian, berarti akun Rizieq Shihab dalam foto layar tersebut memang (mungkin) benar milik Habib Rizieq Shihab yang dikenal sebagai ketua FPI. Disebut “mungkin” karena belum diketahui apakah nomor telepon yang ter-screenshot tersebut adalah asli, tetapi bisa juga hasil editan.

Masalah ini akan menjadi sulit mencari kebenaranya mengingat baik Rizieq sedang dalam “incaran” pihak tertentu, sementara Firza diduga terlibat dalam kasus makar. Dalam posisinya yang tidak menguntungkan, Firza dapat saja diarahkan untuk membangun persepsi buruk pada Rizeq. Maka, apapun klarifikasi dari Firza, baik mengakui atau pun tidak, tentang adanya percakapan WA tersebut, masalah ini tetap akan sulit dibuktikan kebenarannya.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Masihkah Mau Minum Sambil Berdiri?
5 Agustus 2017, by Dika Mustika
Air merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk bertahan hidup. Namun, tahukah kamu? Ternyata minum air tidak selamanya baik jika kita tidak tahu bagimana ...
Myanmar Mengaku Membunuh 10 Rohingya yang Ditemukan di Kuburan Massal
11 Januari 2018, by Slesta
Militer Myanmar pada hari Rabu mengakui membunuh 10 Muslim Rohingya yang baru-baru ini ditemukan di sebuah kuburan massal Dalam sebuah pernyataan di ...
Lagi Kesel Sama Suami? Begini Cara Melampiaskannya Tanpa Harus Menyakiti
17 November 2017, by Rindang Riyanti
Saat kondisi pikiran dan perasaan sedang tak menentu, kadang masalah sepele bisa jadi masalah yang besar. Apalagi kalau udah numpuk bertahun-tahun. Duh, ...
3 Hal Ini Dapat Anda Lakukan untuk Berinvestasi di Rumah
7 Juni 2018, by Slesta
Tampang.com – Salah satu cara untuk bisa mendapatkan kestabilan keuangan adalah dengan melakukan investasi. Adapun investasi dapat dilakukan dalam ...
Bendera Indonesia Terbalik, Panitia SEA Games 2017 Minta Maaf
21 Agustus 2017, by Rindang Riyanti
Setelah menuai banjir kritik, kecaman dan hujatan di media sosial, Malaysia akhirnya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia terkait insiden terbaliknya ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
powerman