Tampang

Negara-Negara yang Berada di Garis Khatulistiwa, Keindahan Geografi di Sekitar Khatulistiwa

7 Jun 2024 10:34 wib. 388
0 0
Negara Garis Khatulistiwa
Sumber foto: palpres.disway.id

Garis khatulistiwa merupakan garis khayal yang membagi Bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan utara dan belahan selatan. Garis khatulistiwa berada di 0° lintang selatan / utara dan menjadi salah satu garis penting dalam pengenalan geografi dunia. Negara-negara yang berada di sekitar garis khatulistiwa memiliki keunikan tersendiri dalam hal iklim, flora, fauna, budaya, dan sejarah. Mari kita telusuri beberapa negara yang berada di sekitar garis khatulistiwa.

Pertama, kita akan melihat negara-negara di Afrika yang dilewati oleh garis khatulistiwa, yaitu Gabon, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda, Kenya, Somalia, dan Indonesia. Gabon, Republik Kongo, dan Republik Demokratik Kongo terletak di sebelah barat, sementara Uganda dan Kenya terletak di sebelah timur garis khatulistiwa. Sementara Somalia berada tepat di atas garis khatulistiwa. Semua negara ini memiliki kekayaan alam yang beragam, mulai dari hutan hujan tropis hingga savana yang kaya akan satwa liar.

Selain di Afrika, garis khatulistiwa juga melintasi wilayah Asia Tenggara. Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati garis khatulistiwa, seperti provinsi Papua dan sebagian wilayah Kalimantan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berada di belahan bumi utara dan selatan. Kaya akan keindahan alam, seperti hutan hujan tropis, pantai pasir putih, dan keanekaragaman hayati laut, Indonesia menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan mancanegara.

Selain Afrika dan Asia Tenggara, negara-negara di Amerika Selatan juga berada di sekitar garis khatulistiwa. Beberapa negara di Amerika Selatan yang dilalui oleh garis khatulistiwa antara lain Kolombia, Brasil, dan Ekuador. Brasil menjadi negara terbesar yang berada di garis khatulistiwa, dan negara ini memiliki hutan hujan Amazon yang menjadi paru-paru dunia dan habitat bagi ribuan spesies flora dan fauna unik.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%